Rabu, 08 Februari 2017

STASIUN TAWANG/Jalan Taman Tawang 1, Semarang (30 Desember 2016)

Nama dari stasiun Tawang ini sendiri diambil dari nama sebuah perkampungan yang ada di dekatnya, yaitu kampung Tawangsari.

Merupakan stasiun kereta api tertua di Indonesia sesudah Semarang Gudang. Stasiun ini diresmikan pada tahun 1868. Dan sampai saat ini masih terawat dengan baik serta tidak banyak mengalami perubahan bentuk berarti sejak dulu.

Ada berbagai keunikan yang bisa kita temukan dari stasiun Tawang ini, loh ...
Sejak pertama kali kita memasuki stasiun ini, di ruang tunggu keberangkatan kereta api, kita sudah disuguhi ruangan dengan pilar-pilar kokoh serta kubah atap yang sangat tinggi dengan lampu gantung kuno di keempat bagian sisinya.
Selain jendela-jendela kecil pada kubah atap berfungsi untuk masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan, juga bentuknya yang artistik serta ketinggiannya yang sudah diperhitungkan untuk sirkulasi udara di dalam ruangan.
Waktu aku berkunjung ke sana, di salah satu sudut ruangannya juga dijadikan tempat buat ber-selpi ria, loh ...
Pintu-pintu stasiunnya juga dari kayu khas peninggalan Belanda.
Keunikan lain-nya, setiap ada kedatangan kereta api memasuki stasiun, diperdengarkan instrumen lagu Gambang Semarang. Dan .... banyak juga burung pipit yang ikutan keluar masuk ruang tunggu kedatangan stasiun ini di pagi hari, yaaa ... Wow .... stasiun kereta api yang unik dan indah ...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar