Rabu, 14 Februari 2018

PT PERKEBUNAN NUSANTARA XI (PTPN XI)/Jalan Merak 1, Krembangan, Surabaya/14 Januari 2018

PT PERKEBUNAN NUSANTARA XI (PTPN XI) ini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang agribisnis perkebunan, khususnya gula. Mengoperasikan 17 unit usaha pabrik gula dengan wilayah kerja Jawa Timur, 4 rumah sakit dan 1 poliklinik, 1 pabrik karung plastik di Mojokerto dan 1 pabrik penyulingan alkohol dan spirtus di Lumajang.

Secara umum, sebagian besar unit usaha di lingkungan PTPN XI ini telah beroperasi sejak jaman kolonial Belanda. Kantor pusat PTPN XI sendiri merupakan peninggalan HVA yang dibangun pada tahun 1924 dan merupakan lambang konglomerasi gula pada saat itu (Wikipedia).

Dari bentuk bangunannya sendiri, ada yang unik, ya ...
Kalo kita perhatikan, ada garis vertikal yang memanjang pada dinding gedungnya. Inilah yang disebut sistem dilatasi bangunan atau sistem anti gempa. Jadi pembangunannya dimulai dari salah satu sisinya dulu. Setelah selesai, diberi jarak baru dilangsungkan pembangunan bagian tengahnya, dikasih jarak lagi dan dilanjutkan dengan membangun sisi lainnya.
Jadi prosesnya tidak memakai 1 dinding sebagai pemisah, tapi masing-masing bangunan tersebut memakai dindingnya masing-masing. Sehingga walaupun bangunan tersebut kelihatannya menyatu, tapi sebenarnya terpisah. Hal ini untuk mengurangi efek samping dari gempa bumi. Sehingga kalau hancur, salah satu sisinya saja, sedangkan bagian tengahnya yang paling aman.

Karena itulah kalo kita perhatikan, bangunan PTPN XI ini hanya terdiri dari 2 lantai untuk sisi kiri dan kanannya sedangkan untuk bagian tengahnya terdiri dari 3 lantai karena diperkirakan bagian tengahnya adalah yang paling aman dari efek samping gempa. Gitu, deh ...
Ada 8 kantor cabang HVA di seluruh Indonesia yang digambarkan dengan lambang masing-masing kota pada sisi kiri dan kanan bangunan ini. 
Selain itu ada relief bidang usaha dari PTPN XI ini termasuk relief dari kebun kopi, teh, karet.










Kursi inipun asli dari jaman kolonial Belanda, ya ... dimana pada sandaran kursinya terdapat 3 lambang, yaitu lambang Surabaya, HVA dan Amsterdam.
Lantai bangunannya didatangkan dari Belgia dengan porselen terbagus yang didatangkan dari Belanda. Ada relief infonya di bagian dindingnya, ya ....
Gedung PTPN XI ini juga dikenal sebagai Lawang Sewu-nya Surabaya, loh ... dengan deretan pintu yang banyak juga. Bedanya kalo di Lawang Sewu, diwarna putih, sedangkan gedung ini warnanya coklat.


2 komentar:

  1. Dapatkan uang tambahan dengan berbisnis online, dan ga perlu modal byk ! Buruan daftar disni , lagi ada promo bonus new member ! www.akupoker(.)com add pin bb (D8D34E1A) dan WA (087887670252) aku ya, terima kasih..;

    BalasHapus
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    BalasHapus