Selasa, 24 Januari 2017

Curug 7 Bidadari/ Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang (29 Desember 2016)

JALAN-JALAN SEMARANG 2
Semarang juga punya beberapa curug atau air terjun, loh ... Salah satunya bernama curug 7 Bidadari, yang terletak di lereng gunung Ungaran yang berhawa sejuk dan mudah untuk dijangkaunya.

Lokasi persisnya dari arah Bandungan terus ke pasar Sumowono dan tidak jauh dari pasar ada asrama militer. Di dekat asrama ada papan petunjuk menuju curug. Kita ikuti saja jalannya. Biarpun jalannya sempit, tapi sudah diaspal dengan diapit hamparan sawah dan rumah penduduk di kiri kanannya. Kalau ada kendaraan roda 4 yang berpapasan, ya kudu saling bergantian jalannya, ya ...

Sekitar 3 km ada pos penjagaan. Harga tiket masuk untuk hari libur Rp.4.000,-/orang, parkir sepeda motor Rp.2.000,- dan parkir mobil Rp.5.000,-

Dari pos penjagaan disediakan tempat parkir sepeda motor dan mobil yang cukup luas di mana di sekitarnya terdapat bangunan semi permanen yang menjual makanan dan minuman serta cinederamata. Ada juga toilet dan arena permainan anak-anak yang sederhana.

Kita harus berjalan kaki lagi sekitar 300 meter menuju curugnya. Terserah, nih ... mau lewat atas disediakan jembatan kayu yang cukup kokoh dengan sebagian jembatan beratap dan sebagian lagi tidak. Seperti ini, ya ... penampakannya.

Dari gardu pandang di sudut jembatan kayu, kita sudah bisa melihat curugnya dari kejauhan.
Kita juga bisa menyeberangi sungai berbatu-batu di bawah jembatan. Ya ... sekalian terapi pijat telapak kaki dengan menginjak batu-batu kecil di dasar sungainya, hehehe ...
Curug 7 bidadari ini mulai dipromosikan tahun 2010 dengan dana swadaya dari masyarakat sekitarnya.

Disebut curug 7 bidadari yang jelas karena ada 7 air terjun yang mengalir dari 3 tingkatan dan masing-masing tingkatan memiliki kolam tampung di bawahnya. Tapi menurut mitosnya karena pernah dijadikan tempat mandi 7 bidadari yang diperkuat dengan adanya beberapa situs yang dikeramatkan oleh penduduk sekitarnya, loh ... 

Ketinggian air terjun dari tingkat 1 ke tingkat 2 sekitar 6 meter dengan kedalam kolam di bawahnya sekitar 2 meter. Ketinggian air terjun dari tingkat 2 ke tingkat 3 sekitar 7 meter dengan kedalam kolam sekitar 5 meter. Sedangkan kedalaman kolam alaminya sekitar 4 meter.

Walaupun curug ini tidak terlalu tinggi, malahan sepertinya asik juga buat dijadikan perosotan atau seluncuran, pihak pengelola curug justru memagarinya dengan kawat berduri karena ternyata bebatuan disekitarnya cukup licin dan tajam.

Hmm ... siapa kira curug yang cukup landai ini ternyata cukup sulit juga buat ditaklukkan, ya ...



1 komentar:

  1. Cuma bermodal HP dan bisa di kerjakan kapan saja maupun di mana saja, pekerjaan ini bisa menghasilkan banyak uang. Daftar hari ini dan kamu bisa klaim bonus 100%. tersedia pilihan bonus menarik lainnya, info website www.AkuPoker(.)net, add pin bb (D8D34E1A) , WA (087887670252) Line: Aku.Poker , aku ya, terima kasih.. ;)

    BalasHapus